Make You'r own code

Apa itu Android Studio ( #1)


Hi Coders, mungkin banyak dari coders yang sudah tahu apa itu android studio, atau malah banyak yang belum tahu hahha.. ok ok . Android Studio jika kita artikan kedalam bahasa kita Android  yang berarti Android, Studio yang berarti ruangan/tempat so... android studio artinya ruangan android hmm... tapi bukan itu yang kita maksud. Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA.

IntelliJ IDEA sendiri adalah  lingkungan pengembangan terintegrasi Java untuk mengembangkan perangkat lunak komputer. Ini dikembangkan oleh JetBrains, dan tersedia sebagai edisi komunitas Apache 2 Berlisensi, dan dalam edisi komersial eksklusif. Keduanya dapat digunakan untuk pengembangan komersial

Intinya adalah Android studio itu sebuah software yang dapay kita gunakan untuk membuat aplikasi maupun game untuk platform android. Sebelum kita mengenal lebih dalam Android Studio ada baiknya kita simak dulu sejarah terbentuknya android

Sejarah Android


Pada awalnya mulanya, Android Inc merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberpa perusahaan yang berbasis IT & Communication, Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc Didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.

Konsep yang dimiliki Android Inc ternyata menggugah minat Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, Akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inch Oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. saat itu banyak yang berspekulasi bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk kepasar mobile phone.

Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah Android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platform Linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.
Maka dari situlah banyak pengembang sistem maupun software berlomba lomba untuk membuat atau merancang sistem Android menggunakan software – software yang support dengan Android, dan salah satunya yang sedang kita pelajari yaitu Android Studio.
Apa itu Android Studio ( #1) Apa itu Android Studio ( #1) Reviewed by Abdullah sulam on 19.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.